Total Pageviews

Wednesday, May 15, 2019

ISO 99999 untuk Manajemen Kejujuran dan Transparansi Sebuah utopia mutlak?


ISO 99999 untuk Manajemen Kejujuran dan Transparansi Sebuah utopia mutlak?


Pada bulan Maret 2018 Standar ISO 45001 dikeluarkan, standar baru untuk Keselamatan dan Kesehatan di Sistem Manajemen Kerja, yang menggantikan OHSAS 18001. Standar ini menyediakan mekanisme untuk manajemen risiko dan peningkatan Kesehatan dan Keselamatan perkiraan di daerah tersebut. Standar OHSAS 18001 akan berhenti berlaku 3 tahun kemudian, pada bulan Maret 2021. Standar OHSAS 18001 telah menjadi referensi yang baik untuk pengembangan ISO 45001 baru. Penting untuk diingat bahwa setiap hari di dunia 7600 orang meninggal karena kecelakaan kerja , tanpa menghitung kasus-kasus yang terjadi di informalitas.
Manfaat ISO 45001 jelas:

Perlindungan pekerja, untuk kewajiban menjaga lingkungan kerja yang lebih sehat dan lebih aman, mengurangi jumlah kecelakaan dan masalah kesehatan yang dihasilkan di tempat kerja. Pendekatan ini harus membantu mengurangi cedera dan cuti sakit bagi karyawan.

Pengurangan risiko, karena membantu mengungkapkan risiko dalam rencana tindakan yang tepat untuk evaluasi, verifikasi, inspeksi, tinjauan hukum, dan investigasi kecelakaan.

Kepatuhan hukum Ini menyediakan mekanisme untuk mengidentifikasi undang-undang saat ini dan implementasi persyaratan yang berlaku. Dengan cara ini, keluhan berkurang, konsekuensi keuangan dihindari.

Basis Sistem Manajemen. Standar ini selaras dengan standar ISO lainnya seperti standar ISO 9001: 2015 dan ISO 14001: 2015, telah direvisi dan memiliki struktur yang sama.

Tanggung jawab Sertifikasi menunjukkan kepada pihak yang berkepentingan tanggung jawab dan komitmen perusahaan dalam hal Kesehatan dan Keselamatan di tempat kerja.

Standar ISO 9001: 2015 yang dielaborasi oleh Organisasi Internasional untuk Standarisasi (ISO), menentukan persyaratan untuk Sistem Manajemen Mutu, yang dapat digunakan untuk aplikasi internal oleh organisasi, tanpa Impor jika produk dan / atau layanan disediakan oleh organisasi publik atau perusahaan swasta, apa pun cabangnya, untuk sertifikasi atau untuk tujuan kontrak.

Organisasi Internasional untuk Standardisasi adalah organisasi non-pemerintah independen yang mencakup lebih dari satu juta perusahaan dan organisasi di 170 negara anggota. ISO dibuat setelah Perang Dunia Kedua, pada Februari 1947, di Inggris dengan delegasi dari 25 negara untuk mengoordinasikan dan menyatukan standar dunia.

ISO 9001 berisi persyaratan model manajemen. ISO 9004 memperluas konten ISO 9001; ISO 9011 merinci persyaratan untuk melakukan audit sistem manajemen ISO 9001 dan juga untuk sistem manajemen lingkungan ISO 14001.

Kualitas proses, manajemen lingkungan dan perawatan kesehatan dan keselamatan pekerja adalah faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan perusahaan dan organisasi. Tetapi bukankah faktor etika, moral, kejujuran, dan transparansi juga? Organisasi di mana ada kejujuran dan transparansi memiliki citra dan penerimaan yang lebih baik dari pemangku kepentingan internal dan eksternal. Mengapa manajemen ini tidak dipromosikan? Mungkin ada terlalu banyak kepentingan terhadap penerapannya, mungkin lebih pada organisasi (terutama publik atau negara) dorongan untuk korupsi daripada kejujuran.


Ini adalah ide yang mungkin gila, tetapi jika itu dibuat, beberapa perubahan akan memiliki setidaknya di perusahaan swasta, karena, di depan umum, tidak adanya atau adanya standar transparansi dan kejujuran adalah utopia , mustahil mutlak.

Referensi

ISO 45001, ISO 45001 Webinar

ISO 9001